facebookku | wapsite-ku

Cari Blog Ini

Kamis, 29 April 2010

arti musik underground itu

Black Metal dan Death Metal adalah dua aliran musik utama di jalur 'Underground'. Well, bukannya gak mau respect ama beberapa aliran undergound laen seperti Punk, Hardcore, Metalcore, Gothic dan laen-laennya, but dua aliran musik paling cadas di dunia ini memang akarnya Underground. Apa sih black metal atau death metal itu? Saya coba terangin dikit pake bahasa saya okei?


Black metal lebih fokus ke music satanisme. Maksudnya lirik2 musik ini kebanyakan memang bercerita tentang kegelapan, satanisme, ritual dan pemujaan iblis, dan segala hal yang berbau mistis. Riff-riff musiknya memang lebih ke arah melodic, atmospheric dan horror. Vokalnya yang 'scream' dan terkadang dihiasi female vocal seringkali menghasilkan suatu track yang indah dan inspiratif. Kalo ciri pemusiknya, personil band-band black metal pas manggung seringkali menghiasi wajahnya dengan 'corpsepaint' atau cat wajah yang menyerupai mayat. Memang gak semua kaya gitu, tapi itulah ciri utama band black metal. Band-band tenar dari genre ini antara lain : Cradle OF Filth, Dimmu Borgir, Burzum, Satyricon, Emperor, Darkthrone, dan banyak lagi laennya.


kalau Death metal fokus musiknya bercerita tentang kekerasan, pembunuhan, pembantaian, mutilasi, dan hal-hal brutal lainnya. Oleh karena itu musiknya super cepat dengan dentuman hyperblast drum, riff-riff dan beat-beat downtune serta vokal growl yang bener-bener sesuai dengan isi liriknya. Ciri pemusiknya gak terlalu khas sih, maksud saya, pas mereka manggung mereka memang dandanannya 'metal' banget, tapi gak beda ama musisi yang maenin hardcore, or musik rock yang biasanya. Well, death metal memang bukan tentang dandanan, it's about brutality. Band-band tenar dari genre ini antara lain : Suffocation, Spawn Of Possesion, Cryptopsy, Morbid Angel, Deeds Of Flesh, Dying Fetus, Beneath The Massacre, Gorgasm, Condemned, dan laennya.


Di negeri kita Indonesia ini, ada juga beberapa band yang sudah kondang baik di scene lokal maupun di luaran sana. Seperti Jasad, Death Vomit, Disinfected, Rotten Corpse, Ritual Orchestra, Tengkorak, dan laen-laen. Tapi kayanya jaman sekarang, taon 2008, era musik-musik ini sudah lewat masa ke-emas-annya. Sudah jarang banget ada event yang bagus dan besar. Mungkin anak2 muda jaman sekarang lebih seneng ama musik2-nya cinta laura, or aura kasih ya? atau peter pan or ungu? Sah-sah aja sih. Tapi yang jelas sebagai akar-nya underground, black metal en death metal gak akan pernah mati. So, for you "bangers". Keep those heads banging!!
yeeaaahhh....

1 komentar:

 
back2top